Cara Mudah Menggunakan Headset Bluetooth di Komputer

cara menggunakan headset bluetooth di komputer

Aksesoris untuk mendengarkan musik dan aktivitas audio lainnya ini kini hadir dengan fitur canggih, yaitu Bluetooth. Bagaimana cara menggunakan headset Bluetooth di komputer? Simak langkah mudahnya dalam artikel berikut ini!

Kecanggihan teknologi kini terus mengikuti kebutuhan manusia sehari-hari. Mulai dari elektronik rumah tangga, alat komunikasi, sampai dengan aksesoris alat komunikasi pun terus bermunculan dengan berbagai inovasi.

Salah satu fitur yang memudahkan aktivitas manusia dan sering dijadikan inovasi sebuah produk adalah Bluetooth. Yup, kemunculan Bluetooth memungkinkan para pengguna untuk menerima data tanpa menggunakan kabel. Kini Bluetooth sudah mencapat versi terbaru dengan kecepatan jangkauan dan sistem yang lebih baik dari sebelumnya.

Headset yang awalnya memiliki kabel kini menambahkan fitur Bluetooth. Headset Bluetooth salah satunya memudahkan para pengguna headset yang mulanya kerepotan dengan kabel. Telah banyak merk gadget ternama yang mengeluarkan produk headset Bluetooth.

Tidak hanya digunakan dengan menyambungkan headset Bluetooth ke smartphone, aksesoris ini juga bisa digunakan  dengan komputer ataupun laptop. Tentunya, perangkat yang disambungkan harus memiliki fitur Bluetooth.  Menggunakan headset Bluetooth dengan perangkat komputer atau laptop dapat dilakukan dengan mudah.

 

Cara Mudah Menggunakan Headset Bluetooth di Komputer

 

  1. Pastikan Fitur Bluetooth di Komputer Anda

Tidak semua komputer ataupun laptop memiliki fitur Bluetooth. Anda bisa memastikannya dengan melihat pada bagian pengaturan jaringan komputer ataupun laptop. Akan tercantum opsi Bluetooth pada bagian tersebut yang dapat Anda aktifkan. Jika perangkat komputer ataupun laptop anda tidak mendukung fitur Bluetooth, anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan memasang driver Bluetooth eksternal pada komputer. Jika anda memasangkan driver Bluetooth eksternal, anda perlu meng-install Bluetooth tersebut.

  1. Hidupkan Bluetooth pada Komputer
Baca Juga :  Spesifikasi Xiaomi Note 5 Pro yang Gahar

Jika Bluetooth di  komputer ataupun laptop sudah dipastikan ada. Buka menu Bluetooth pada komputer Anda. Aktifkan Bluetooth tersebut. Ketika diaktifkan, jaringan Bluetooth yang ada di sekitar komputer atau laptop akan muncul dan terdeteksi.

Pada Windows, anda bisa menemukan menu ini di Start kemudian klik Bluetooth Devices. Selanjutnya, klik Add Device lalu klik Audio Device. Jaringan Bluetooth yang ada di sekitar komputer atau laptop pun akan terdeteksi

  1. Aktifkan Headset Bluetooth

Headset Bluetooth biasanya memiliki tombol untuk menyalakan headset tersebut. headset yang menyala dapat diketahui dari warna lampu yang menyala. Jika lampu berwarna hijau atau kuning, headset sudah siap pakai. Jika berwarna merah, pastikan daya baterai headset Bluetooth anda cukup untuk dipakai dengan mengisi daya menggunakan charger, sesuai ketentuan headset Bluetooth yang anda punya.

  1. Sambungkan Jaringan Bluetooth Komputer dengan Headset Bluetooth

Selanjutnya, kembali cek ke komputer atau laptop anda. Jika jarak antara headset Bluetooth dan komputer sudah cukup dekat, akan muncul dan terdeteksi nama jaringan Bluetooth headset anda yang siap disambungkan. Sambungkan jaringan tersebut dengan cara klik connect. Bluetooth komputer dan headset Bluetooth pun tersambung.

  1. Install Driver Bluetooth

Setelah terhubung, komputer biasanya akan meng-install driver Bluetooth tersebut, terutama pada pemakaian headset Bluetooth pertama kali. Meng-install driver ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Mengatur Volume Headset pada Komputer

Anda perlu menambahkan device headset Bluetooth pada pengaturan audio di komputer atau laptop anda. Caranya adalah dengan klik kanan pada ikon speaker di layar komputer atau laptop anda, kemudian pilih Playback Devices. Akan muncul beberapa pilihan. Pada Windows, klik Bluetooth Audio Rennderer (Ready) kemudian klik Set as Default Device untuk memunculkan icon headset pada layar komputer. Icon headset pun akan muncul di sebelah kanan dan anda dapat mengatur volume tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Ulasan Seputar Vivo V9

 

 

Leave a Comment