Mengupas Fitur-Fitur Kamera Nikon D3400

kamera nikon

D3400 adalah salah satu kamera DSLR keluaran Nikon yang diperuntukan untuk entry-level. Dengan ukurannya yang kecil, dan ringan, serta designnya yang terlihat sederhana, fitur-fitur kamera Nikon D3400 akan membuat Anda mudah dalam mengambil gambar. Untuk Anda yang ingin menggunakan DSLR namun enggan dengan keribetannya, Nikon D3400 bisa menjadi pilihan utama Anda. Tetapi apakah kamera Nikon D3400 itu sama dengan kamera nikon d40?

Seperti layaknya kamera DSLR lainnya, Nkon D3400 menawarkan juga sistem lensa yang dapat dipertukarkan. Dengan banyaknya pilihan lensa untuk kamera Nikon yang mampu digunakan pada kamera ini, lensa-lensa kamera Nikon lawas Anda akan tetap bisa digunakan. pada Nikon D3400 juga disematkan Guide Mode yang lebih mempermudah Anda  dalam belajar fotografi.

Spesifikasi

Nikon D3400 dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS dengan resolusi sebesar 24,7 megapiksel. Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu mereduksi debu sehingga membuat Anda lebih nyaman saat mengganti lensa. Nikon menyematkan prosesor gambar EXPEED 4 dalam kamera ini yang memungkinkan hasil foto Nikon D3400 menjadi semakin makisimal. Prosesor ini memungkinkan Anda untuk dapat mengambil 5 frame per secon untuk format RAW.

Sistem autofokus D3400 terbilang cepat untuk ukuran entry level DSLR. Dengan tersedianya 11 titik fokus yang bisa Anda pilih, menjadikan Anda dapat lebih leluasa menentukan titik fokus yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Kemampuan merekam video Full HD

Walaupun belum mampu merekam dengan kualitas 4K, namun kemampuan Nikon D3400 dalam merekam viideo harus diacungi jempol. Hasil resolusi video yang dihasilkan kamera ini mampu menangkap detail dengan baik frame rate yang dihasilkan juga halus.

LCD TFT 3 inci pada Nikon D3400 ini telah memiliki resolusi 921k. Cukup terang dan menampilkan hasil tayangan foto yang jelas dan detail. Namun sayangnya layar pada nikon D3400 belum merupakan layar sentuh seperti pada kebanyakan kamera-kamera keluaran baru. Konstruksi layar yang fix tidak bisa digerakan juga menjadikan nilai minus untuk kamera ini. Selain itu, dihilangkannya port external mic juga menambah keresahan para penggiat vidoegrafi untuk menggunakan kamera ini.

Baca Juga :  Spesifikasi Xiaomi Mi Max 2 yang Maximal untuk Multimedia

Fitur terbaru Snapbridge

kamera nikon d3400

Yang terbaru dari Nikon D3400 adalah adanya teknologi Snapbridge. Teknologi ini mampu menghubungkan kamera ini dengan smartphone Anda melalui Bluetooth Low Energy (BLE). Nikon lebih memilih menyematkan fitur bluetooth daripada wi-fi karena bluetooth akan lebih menghemat tenaga. Sehingga Anda tidak perlu khawatir baterai kamera Anda akan cepat habis. Anda dapat dengan mudah dan tenang memindahkan hasil foto Anda dari kamera langsung ke smartphone Anda untuk bisa Anda share.

Selain itu, perombakan besar juga terjadi pada efisiensi penggunaan daya baterai. Bila pada pendahulunya D3300 baterainya hanya bertahan untuk 700 kali jepret, kali ini D3400 mampu membuatnya bertahan sampai 1200 kali foto. Tentu saja hal ini mampu membuat kamera Anda bertahan selama beberapa hari sebelum akhirnya harus mengisi daya.

Harga

Melihat kenyataan bahwa kamera ini memang diperuntukan bagi pemula yang baru ingin menekuni dunia fotografi, harga yang ditawarkan memang cukup  terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 5 jutaan untuk mendapatkan Nikon D3400 dengan kondisi body only. Sedangkan bila ingin sepaket dengan lensa kit-nya, Anda harus siap dengan dana sebesar 6-  7 jutaan. Dari harganya yang beda dengan harga nikon d40, tentu kedua kamera juga berbeda.

Secara umumnya, memang tidak banyak yang berubah dari segi teknologi yang coba ditawarkan Nikon untuk entry level DSLR-nya. Namun dengan efisiensi baterai yang semakin baik, dan teknologi sharing hasil foto yang lebih irit daya, Nikon D3400 bisa jadi pilihan Anda bila ingin mencoba terjun ke dunia fotografi. Selamat berburu gambar dengan kamera Nikon D3400.

 

Leave a Comment